UMY Gelar Kopdar Mimin 2024, Optimalisasi Media Sosial untuk Branding dan Marketing

25 Januari 2024, oleh: superadmin

Biro Humas dan Protokol Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) kembali menggelar Kopdar Mimin pada Senin (22/01). Acara ini diikuti oleh lebih dari 80 admin media sosial dari berbagai unit kerja di lingkungan kampus UMY.

Kopdar Mimin tahun ini mengangkat tema “Optimizing Three Platforms (Instagram, Twitter, TikTok) for University Branding and Marketing”. Acara ini menghadirkan Ravelita Agesti, S.I.Kom., seorang Copywriter & Video Specialist di Digital Agency, sebagai narasumber. Dalam materinya, Ages memaparkan bahwa ada tiga hal yang harus diperhatikan dalam mengoptimalkan media sosial untuk branding dan marketing, yaitu Brand Personality, Brand Voice dan Brand Style.

“Salah satu strategi agar konten yang dihasilkan menjangkau lebih banyak audiens adalah dengan menetapkan tujuan yang jelas. Untuk mengukur keberhasilan pencapaian tujuan tersebut, dapat menggunakan metode SMART, yaitu Specific, Measurable, Attainable, Relevant, dan Time-Bound,” jelas Ages. Selain itu, Ages juga menekankan pentingnya konsistensi dalam mengelola media sosial. Dalam penyampaian materinya, Ages berbagi tips dan trik dalam mengoptimalkan tiga platform media sosial, yaitu Instagram, Twitter, dan TikTok. Selain materi dari narasumber, Kopdar Mimin juga diisi oleh kegiatan pemaparan Brand Book oleh staff BHP Sutan Pradhitya Juliansyah, S.Sos.

Kegiatan ini bertujuan untuk membangun jaringan dan berbagi pengetahuan antar-admin media sosial di lingkungan kampus UMY. Kopdar Mimin 2024 diharapkan dapat meningkatkan kualitas, kuantitas, dan daya jual konten media sosial di lingkungan kampus UMY terhadap masyarakat luas.